SMA NEGERI 10 SAMARINDA

Science Film Festival 2019? Mengenalkan isu lingkungan melalui Film Sains

Gouthe Institute Jakarta bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengadakan “Science Film Festival 2019” dengan tema: “Humboldt dan Jejaring Kehidupan” di SMAN 10 Samarinda pada tanggal 19 – 20 November 2019.

Tema ini diangkat untuk memperingati 100 tahun berdirinya Universitas Humbolt Berlin yang mana tokoh pendirinya, Alexander Von Humboldt merupakan tokoh multitalen asal Jerman yang dikenal sebagai naturalis , dimana pemikiranya mendorong mumculnya alternatif dalam upaya pemulihan alam dan merevolusi konsep alam sebagai jaring kehidupan yang saling terkait, sehingga jika terdapat kerusakan alam di suatu tempat, maka akan berdampak pada tempat lain. Oleh karena itu, sudut pandang Humboldt ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pelajar dan anak-anak muda terkait isu lingkungan, perubahan iklim, dan juga kelestarian alam.

Festival Film Sains ini diaelenggarakan untuk mempromosikan literasi sains dan memfasilitasi kesadaran akan isu-isu ilmiah, teknologi, dan lingkungan kontemporer melalui pemutaran film sains internasional dengan kegiatan pendidikan yang menyertainya dengan cara yang ringan dan menyenangkan, tentu dengan disertai eksperimen-eksperimen sederhana tentang isu yang diangkat.

Tahun ini, SFF mengakat tema lingkungan dan salah satu isu yang dipromosikan adalah “Bumi Menuju Masa Depan, Masa Depan Tanpa Plastik”. Sebagaimana yang bisa kita saksikan sendiri bahwa dewasa ini sedang banyak dikampanyekan unt mengurangi penggunaan kantong plastik yang telah menjadi salah satu penyebab masalah lingkungan terbesar di muka bumi.

Tinggalkan komentar