Info Sekolah
Selasa, 16 Jul 2024
  • Sehubungan dengan mulai dilaksanakannya proyek pembangunan Masjid di lingkungan SMAN 10 Samarinda, maka selama proses pembangunan agar tidak memarkir kendaraan di area sekitar lokasi pembangunan masjid
  • Sehubungan dengan mulai dilaksanakannya proyek pembangunan Masjid di lingkungan SMAN 10 Samarinda, maka selama proses pembangunan agar tidak memarkir kendaraan di area sekitar lokasi pembangunan masjid
17 Januari 2024

PENDIDIKAN PROFESI GURU

Rab, 17 Januari 2024 Dibaca 130x Arikel / Berita / Education / Event / Kampus Merdeka / Prestasi / Workshop

SMA Negeri 10 Samarinda kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Mulawarman sebagai tempat praktik kerja lapangan tahap 1 bagi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan tahun 2024.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru, profesional, komitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.

PPG Prajabatan diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma IV baik dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapat sertifikat pendidik.

Perjalanan menjadi Generasi Baru Guru Indonesia dimulai dengan tahap seleksi dan mengikuti rangkaian Program Pendidikan Profesi Guru selama dua semester yang terdiri dari perkuliahan, praktik kerja lapangan, proyek kepemimpinan, dan pendampingan.

Selain sebagai tempat praktik kerja lapangan peserta program PPG Prajabatan, SMA Negeri 10 Samarinda juga dipercaya sebagai tempat KKN mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman dan mahasiswa dari Filipina dan Vietnam dala, program SEA-TEACHER serta mahasiswa dari berbagai negara yang belajar Bahasa Indonesia (BIPA) yang tergabung dalam program Darmasiswa pemerintah RI.

Peserta PPG Prajabatan yang melaksanakan praktik kerja lapangan di SMAN 10 Samarinda berjumlah enam orang, terdiri dari:

  1. Rustina Aprilia (Matematika)
  2. Selvi Darlin Rombe (Matematika)
  3. Sherina Dwi Kartika (Matematika)
  4. Wulan Sukma Aliana (Matematika)
  5. Wuri Handayani (Matematika)
  6. Yusfina Yunus Sampe (Matematika)

Mereka didampingi oleh Prof. Dr. Azainil, M.Pd., Dr. Zainuddin Untu, M.Pd., dan Dr. Zulkarnaen, M.Si. sebagai dosen pembimbing.

Mereka tidak hanya praktik mengajar di kelas, tetapi juga melakukan observasi manajemen sekolah. Selain itu mereka juga dikenalkan dengan sistem penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh SMA Negeri 10 Samarinda, yaitu bagaimana cara menyusun soal evalusi yang baik mengikuti standar asesmen nasional dan SNBT, serta aplikasi penilaian yang dikembangkan SMA Negeri 10 Samarinda (www.smaridasa.com).

(HUMAS SMARIDASA)

Tulisan Lainnya

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Terimakasih kepada kepala sekolah, seluruh manajemen, dan juga segenap guru-guru SMAN 10 Samarinda karena telah menerima kami sebagai mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Mulawarman untuk melaksanakan PPL di SMAN 10 Samarinda. Kesempatan baik ini akan kami manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mengenali SMAN 10 Samarinda yang menjadi sekolah unggulan di Kalimantan Timur, dan bersama dengan guru pamong kami yang sudah tersertifikasi, kami akan menggali pengetahuan tentang profesionalitas pendidik sebagai bekal diri kami menjadi Guru Profesional di kemudian hari.

Tinggalkan Komentar